MOTIVASI
DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
A.
PENGERTIAN
MOTIVASI
Motivasi adalah suatu sugesti atau
dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau
dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi
orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan
sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh
seseorang.1
Beberapa pengertian
motivasi berdasarkan para ahli:
1. Motivasi
adalah suatu perubahan energy dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai
dengan tibulnya peasaan dan reaksi untuk
mencapai yujuan. (Mr. Donald:1950)
2. Motivasi
adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk
memmenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan atau keadaan dan kesiapan dalam diri
individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai
tujuan. (Drs. Moh. User Usman : 2000)
3. Motivasi
adalah kekuatan tersembunyi di dalam diri kita yang mendorong kita untuk
berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas (Davies, Ivor K : 1986)
4. Motivasi
adalah usaha-usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi sehingga anak itu mau
melakukan sesuatu (Prof. Drs. Nasution : 1995)
5. Robbins
dan Judge (2007) mendefinisikan motivasi sebagai proses yang menjelaskan
intensitas, arah dan ketekunan usaha untuk mencapai sesuatu tujuan. Samsudin
(2005) memberikan pengertian bahwa yang dimaksud dengan motivasi sebagai proses
mempengaruhi atau mendorong dari luar terhadap seseorang atau kelompok kerja
agar mereka mau melaksanakan sesuau yang ditetapkan.
![]() |
1. Rahmatsinjai,
Pengertian motivasi dan macam-macam motivasi, (http://
rahmatsinjai.blogspot.
com/2013/09/pengertian-moyivasi-dan-macam-macam_8413.html , diakses
tgl 03-mei 2014 13:40WIB)
6. Motivasi
juga dapat diartikan sebagai dorongan (driving force) dimaksudkan sebagai
desakan yang alami untuk memuaskan dan memperlahankan kehidupan. Mangkunegara
(2005.61) menyatakan : “motivasi terbentuk dari sikap (attitude) karyawan dalam
menghadapi situasi kerja di perusahaan (situation). Motivasi merupakan kondisi atau energy yang menggerakan diri
karyawan yang terarah atau tertuju untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan.
Sikap mental karyawan yang pro dan
positif terhadap situasi kerja itulah yang memperkuat motivasi kerjanya untuk
mencapai kinerja maksimal”.2
Sujono Trimo memberikan
pengertian motivasi adalah suatu kekuatan penggerak dalam perilaku individu
dalam perilaku individu baik yang akan menentukan arah maupun daya ahan
(perintence) tiap perilaku manusia yang didalamnya terkandung pula unsur-unsur
emosional insane yang bersangkutan.3
Motivasi adalah proses
yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk
mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas,
arah, dan ketekunan.
Berdasarkan beberapa
pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi dapat dipandang sebagai
fungsi, berarti motivasi berfungsi sebagai daya enggerak dari dalam individu
untuk melakukan aktivitastertentu dalam mencapai tujuan. Motivasi dipandang
dari segi proses, bererti motivasi dapat dirangsang oleh factor luar, untuk
menimbulkan motivasi dalam diri siswa yang melalui proses rangsangan belajar sehingga
dapat mencapai tujuan yang dikehendaki. Motivasi dipandang dari segitujuan, berarti motivasi
merupakan sasaran stimulus yang akan dicapai. Jika seseorang mempunyai
keinginan untuk belajar suatu hal, maka dia akan termotivasi untuk mencapainya.4

2. Yanashintya,
Pengertian dan devinisi motivasi http://yanashintya.blogspot.com
/2014/01/ pengertianmotivasi-dari-beberapa-tokoh.html diakses tgl
03-mei 2014 13:40WIB)
3. Ibid
4. Ibid
Berdasrkan teori
hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori
motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alas an yang mendasari sebuah
perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seorang dikatakan memiliki
motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat
untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang
sekarang. Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di
masyarakat yang serig kali disamakan dengan semangat, seperti contoh dalam
percakapan “saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi”. Statemen ini
bias diartikan orang tua tersebut mengiinginkan anaknya memiliki semangat
belajar yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan
istilah motivasi dalam masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah
alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi samadengan semangat.5
B.
MACAM-MACAM
MOTIVASI
Para ahli psikologi
mengklasifikasikan motivasi beberapa bagian dari beberapa titik pendangan yang
berbeda, Menurut Sardiman
(2001),
1.
Pembagian
motivasi berdasarkan atas terbentuknya motif-motif
yaitu:
a.
Motif-motif bawaan yaitu motif yang
dibawah sejak lahir, jadi ada tanpa dipelajari seperti dorongan untuk makan minum
dan bergerak dan seterusnya.
b.
Motif-motif yang dipelajari yaitu motif
yang timbul karena dipelajari seperti dorongan menggunakan atau memilih media
dan semua hal yang perlu dipelajari. Motif-motif ini sering disebut dengan
motif yang disyaratkan secara social. Sebab manusia yang lain sehingga motivasi
terbentuk
![]() |
5. Yanashintya,
Pengertian dan devinisi motivasi http://yanashintya.blogspot.com
/2014/01/ pengertianmotivasi-dari-beberapa-tokoh.html diakses tgl
03-mei 2014 13:40WIB)
2.
Pembagian
motivasi berdasarkan jalaran motif yaitu:
a.
Motivasi InstrinsikMotivasi yang timbul
sebagai akibat dari dalam diriindividu sendiri tanpa ada paksaan dan dorongan
dari orang lain,tetapi atas kemauan sendiri misalnya seseorang yang
membacatidak perlu da yang mendorongnya ia telah mencari sendiri bukuuntuk
dibacanya.
b.
Motivasi EkstrinsikIalah motivasi yang
berfungsi karena adanya pengaruhatau rangsangan dari luar. Jenis motivasi ini
timbul akibatpengaruh dari luar individu apakah karena ajakan, suruhan
ataupaksaan dari orang lain sehingga dengan kondisi demikian, iamau melakukan
sesuatu misalnya, seorang anak mau belajarkarena ia mau mendapat peringkat
pertama dikelasnya.
3.
Pembagian motivasi berdasarkan isi
atau persangkutpautnya itudigolongkan menjadi:
a.
Motivasi jasmaniah yang termasuk jenis
motivasi ini misalnyarefleks yaitu nafsu
b.
Motivasi rohaniah yaitu berupa kemauan
yang terbentuk dari momen- Momen timbulnya alasan- Momen pilih- Momen putusan-
Momen terbentuknya kemauan. 6
Menurut Anonim (2010), motivasi dibedakan atas 3 macam
berdasarkan sifatnya:
1. Motivasi takut atau fear motivation,
yaitu individu melakukan suatu perbuatan dikarenakan adanya rasa takut. Dalam
hal ini seseorang melakukan sesuatu perbuatan dikarenakan adanya rasa takut,
misalnya takut karena ancaman dari luar, takut Aku mendapatkan hukuman dan
sebagainya.
2. Motivasi insentif atau incentive
motivation, yaitu individu melakukan sesuatu perbuatan untuk mendapatkan
sesuatu insentif, bentuk insentif bermacam-macam seperti mendapatkan
honorarium, bonus, hadiah, penghargaan dan lain-lain

6. Rahmatsinjai,
Pengertian motivasi dan macam-macam motivasi, (http:/
/rahmatsinjai. blogspot.com/2013/09/pengertian-moyivasi-dan-macam-macam_8413.html
, diakses tgl 03-mei 2014 13:40WIB)
3. Motivasi sikap atau attitude
motivation/self motivation sikap merupakan suatu motivasi karena menunjukkan
ketertarikan atau ketidaktertarikan seseorang terhadap suatu objek, motivasi
ini lebih bersifat intrinsic, muncul dari dalam individu, berbeda dengan kedua
motivasi sebelumnya yang lebih bersifat ekstrintik yang datang dari luar diri
individu. 7
Menurut Muhibbin Syah dalam Anonim (2010), berpendapat dalam
buku psikologi pendidikan dengan pendekatan baru, bahwa motivasi dapat
dibedakan 2 macam:
1. Motivasi Intrinsik. Hal atau keadaan
yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang dapat mendorongnya melakukan
tindakan belajar.
2. Motivasi Ekstrinsik. Hal dan keadaan
yang datang dari luar individu. 8
Menurut
Chaplin, ada dua motivasi:
1. Physiological drive.
yaitu dorongan yang bersifat fisik, seprti rasa lapar,
haus, seks, dan sebagainya.
2. Social motives yaitu dorongan yang berhubungan dengan orang lain,
seperti dorongan ingin selalu berbuat baik.9
Menurut
Woodworth dan Marquis, ada 3 motivasi:
1. Kebutuhan organis, yaitu motivasi yang berkaitan dengan
kebutuhan dalam diri, seperti makan, minum, kebutuhan bergerak dan istirahat
tidur dan sebagainya.
2. Motivasi darurat, yaitu motivasi yang mencakup dorongan
untuk menyelamatkan diri, dorongan untuk membalas, dorongan untuk berusaha, dan
sebagainya. Motivasi ini timbul jika situasi menuntut atau terdesak dalam
kegiatan yang cepat dan kuat dari diri manusia. Dalam kondisi ini motivasi
timbul bukan atas keinginan seseorang, tetapi karena adanya perangsangan dari
luar dengan terdesak.

7. Kamriantiramli,
macam-macam motivasi, (http://kamriantiramli.wordpress.com
/2011 /05/ 27/macam-macam-motivasi/ diakses tgl 03-mei 2014 13:40WIB)
8. Ibid
9. Ibid
3. Motivasi Objektif, yaitu motivasi yang diarahkan kepada
objek atau tujuan tertentu disekitar kita, motif ini mencakup; kebutuhan untuk
eksplorasi, manipulasi, menaruh minat. Motivasi ini timbul karena dorongan
untuk menghadapi dunia secara efektif.10
C.
PENTINGNYA
MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN DAN PEMBELAJARAN
Apa pentingnya motivasi
dalam belajar tentu saja sangat penting, diawal sudah dijelaskan bahwa motivasi
adalah tenaga yang menggerakan dan mengarahkan aktivitas seseorang, artinya
tanpa motivasi seorang siswa akan belajar dan sekolah dan akhirnya tentu saja
tidak akan mencapai suatu keberhasilan dalam belajar.
Motivasi belajar
penting bagi siswa dan guru. Bagi siswa pentingnya motivasi belajar adalah
sebagai berikut:
1. Menyadarkan
kedudukan pada awal belajar, proses dan hasil akhir
2. Menginformasikan
tentang kekuatan usaha belajar, yang dibandingkan dengan teman sebaya
3. Mengarahkan
kegiatan belajar
4. Membesarkan
semangat belajar
5. Menyadarkan
tentang adanya perjalanan belajar dan kemudian bekerja (disela-sela adalah
istirahat atau bermain) yang berkesinambungan. 11
Motivasi belajar juga
penting diketahui oleh seorang guru. Pengetahuan dan pemahaman tentang motivasi
belajar pada siswa bermanfaat bagi guru, manfaat itu sebagai berikut:
1. Membangkitkan,
meningkatkan dan memelihara semangat siswa untuk belajar sampai berhasil;
2. Mengetahui
dan memahami motivasi belajar siswa di kelas bermacam-macam;

10.
Ibid
11.
Soemarnosapsuha,Pentingnya
Motivasi dalam Pembelajaran (http://
soemarnosapsuha. blogspot.com /2011/04/pentingnya-motivasi-dalam-proses.html
diakses
tgl 03-mei 2014 13:40WIB)
3. Meningkatkan
dan menyadarkan guru untuk memiliki satu diantara bermacam-macam peran seperti
sebagai penasihat, fasilitator, instruktur teman diskusi, penyemangat, pemberi
hadiah, atau pendidik;
4. Memberi
peluang guru untuk kerja rekayasa pedagogis. 12
Guru sebagai pendidik
bertugas memperkuat motivasi belajar selama minimum 9 tahun. Pada usia wajib
belajar. Orang tua bertugas memperkuat motivasi belajar sepanjang hayat. Dalam
belajar terdapat unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar.
1. Unsur-unsur
yang mempengaruhi motivasi belajar didalam kehidupan sehari-hari motivasi
banyak dipelajari, termasuk motivasi dalam belajar. Oleh karena itu motivasi
belajar dapat timbul tenggelam atau berubah, disebabkan beberapa unsur yang
mempengaruhinya. Beberapa unsur yang mempengaruhi motivasi belajar adalah
sebagai berikut:
a.
Cita-cita atau aspirasi. Cita-cita
disebut juga aspirasi adalah suatu target yang ingin dicapai. Penentuan target
ini tidak sama bagi semua siswa.
b.
Kemampuan belajar. Dalam belajar
dibutuhkan berbagai kemampuan, kemampuan ini meliputi beberapa aspek psikis
yang terdapat dalam diri siswa misalnya pengamatan dan perhatian.
c.
Kondisi siswa yang mempengaruhi motivasi
belajar berkaitan dengan kondisi fisik, dan kondisi psikologis.
d.
Kondisi lingkungan merupakan unsur-unsur
dari luar diri siswa yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
e.
Unsur-unsur dinamis dalam belajar adalah
unsur-unsur yang keberadaannya dalam proses belajar tidak stabil, kadang-kadang
kuat, kadang-kadang lemah dan bahkan hilang sama sekali khususnya
kondisi-kondisi yang sifatnya kondisional.13

12.
Ibid
13.
Farizahildayani , Pentingnya Motivasi dalam
Pembelajaran (http://farizahildayani.
blogspot. com /2013/05/pentingnya-motivasi-dalam-pembelajaran_16.html)
2. Upaya
Meningkatkan Motivasi Belajar
Ada beberapa upaya
meningkatkan motivasi belajar sebagai berikut:
a.
Optimalisasi penerapan prinsip belajar
Perilaku
belajar di sekolah telah menjadi pola umum. Sejak usia enam tahun, siswa masuk
sekolah selama lima-enam jam sehari. Sekurang-kurangnya tiap siswa mengalami
belajar di sekolah selama sembilan tahun.
b.
Optimalisasi unsur dinamis belajar dan
pembelajaran
Seorang
siswa akan belajar dengan seutuh pribadinya perasaan, kemauan, pikiran,
perhatian, fantasi dan kemampuan yang lain tertuju pada belajar. Meskipun
demikian ketertujuan tersebut tidak selamanya berjalan lancar. Ketidaksejajaran
tersebut disebabkan oleh kelainan jasmani atau mentalnya, ataupun naik turunnya
energi jiwa.
c.
Optimalisasi pemanfaatan pengalaman dan
kemampuan siswa
Perilaku
belajar siswa merupakan rangkaian tindak-tindak belajar setiap hari. Perilaku
belajar setiap hari bertolak dari jadwal pelajaran sekolah. Untuk menghadapi
hari pertama masuk sekolah guru telah membuat rancangan pengajaran. Sedangkan
siswa telah terbiasa dengan membaca buku pelajaran. Siswa telah mengalami
belajar yang berhasil atau belajar yang gagal sebelumnya. Siswa menghayati
pahitnya kegagalan belajar, dan manisnya keberhasilan belajar. Oleh karena itu
rancangan pengajaran satu tahun ajaran selalu diharapkan oleh seluruh siswa. 14
D.
PENERAPAN
MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI
Motivasi
belajar Biologi
siswa dapat diterapkan menggunakan angket yang memuat perhatian(attention), keterkaitan(relevance),
keyakinan(confidence),dan
kepuasan(satisfaction).

14.
Farizahildayani
, Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran (http://farizahildayani.
blogspot. com /2013/05/pentingnya-motivasi-dalam-pembelajaran_16.html)
Angket Motivasi Belajar
Biologi Menggunakan pembelajaran dengan Kerangka Rancangan TANDUR:
I.
Petunjuk
a. Identitas
·
Nama :
·
No absen :
b. Berilah
jawaban yang sejujur-jujurnya dan sesuai dengan apa adanya.
Instrumen terdiri dari kolom
pertanyaan dan jawaban. Silakan beri jawaban dengan memberi tanda (X) tepat
pada salah satu angka yang sesuai dengan keadaan kamu
1.
Ada 5 (lima) angka yang masing-masing
mempunyai makna sebagai berikut:12
5
|
Pertanyaan Benar-Benar (BB)
|
menggambarkan keadaanmu dalam
pembelajaran biologi yang kamu merasa memang sangat benar.
|
4
|
Pernyataan Cukup Benar (CB)
|
menggambarkan keadaan siswa
dalam pembelajaran biologi
|
3
|
Pernyataan Tidak Terlalu Benar (TTB)
|
menggambarkan keadaan
siswa Dalam pembelajaran biologi
tetapi juga tidak terlalu salah atau biasa biasa saja bagi siswa atau netral
saja
|
2
|
pernyataan Hampir Tidak Benar (HTB)
|
menggambarkan keadaan siswa
dalam pembelajaran biologi,tetapi belum sama sekali salah
|
1
|
pernyataan Sama Sekali Tidak Benar (SSTB)
|
menggambarkan keadaan siswa
dalam pembelajaran biologi
|
Contoh pernyataan “ Saya sangat
senang jika belajar bersama dengan teman-teman saya”
|
SSTB
|
HTB
|
TTB
|
CB
|
BB
|
v Kalau pernyataan itu Benar-Benar,silanglah 5
|
|
|
|
|
|
v Kalau pernyataan itu Cukup Benar,silanglah 4
|
|
|
|
|
|
v Kalau pernyataan itu Tidak Terlalu Benar,silanglah 3
|
|
|
|
|
|
v Kalau pernyataan itu Hampir Tidak Benar,silanglah 2
|
|
|
|
|
|
v Kalau pernyataan itu Sama Sekali Tidak Benar, silanglah 1
|
|
|
|
|
|
II.
Kuesioner
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
||||
|
SSTB
|
HTB
|
TTB
|
CB
|
BB
|
|
1.
|
Saya senang belajar biologi melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan kerangka
rancangan TANDUR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2.
|
Belajar biologi melalui pembelajaran Quantum Teaching dengan kerangka rancangan TANDUR,saya lebih mudah
memahami konsep-konsep dalam biologi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
3.
|
Belajar sambil bermain membuat konsentrasi saya
berkurang dan tidak focus
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
4
|
Belajar dengan berbagai macam interaksi membuat saya
lelah dan tidak konsentrasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
5
|
Semenjak belajar dengan model TANDUR ,saya merasa puas
setiap mengikuti pelajaran dikelas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Saya tambah bingung memahami konsep-konsep dalam
biologi dengan model pembelajaran Quantum Teaching melalui kerangka rancangan
TANDUR ini
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
7
|
Belajar diluar kelas merupakan belajar yang saya senag
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
8
|
Saya lebih senang belajar di dalam kelas karena tidak
panas dan tinggal duduk manis mendengarkan guru menerangkan materi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
9
|
Saya lebih senag belajar biologi jika tidak menggunakan
metode pembelajaran Quantum Teaching
dengan kerangka rancangan TANDUR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
10
|
Saya merasa bahwa banyak yang belum saya tahu dalam
pembelajaran biologi dan terus berusaha untuk mengetahuinya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
11
|
Saya lebih puas setiap mengikuti pelajaran dengan model
ceramah karena saya lebih faham terhadap materi yang diajarkan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
12
|
Belajar biologi melalui Quantum Teaching dengan
kerangka Rancangan TANDUR memudahkan saya dalam memahami materi pelajaran
yang diajarkan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
13
|
Saya akan membantu teman saya jika tidak ada materi
yang tidak dipahami
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
14
|
Tugas yang diberikan oleh guru akan saya kerjakan yang
mudah saja
|
|
|
|
|
|
15
|
Untuk meraih keinginan saya, saya akan menacri
buku-buku lain,selain yang diberikan oleh guru dan akan membaca dan
mempelajarinya.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
16
|
Saya berharap mudah-mudahan melalui model pembelajaran
TANDUR apa yang saya inginkan dapat tercapai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
17
|
Bila diberikan tugas oleh guru saya selalu berusaha
untuk mengerjakanya tepat waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
18
|
Melalui pembelajaran model TANDUR ini saya yakin dapat
menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
19
|
Saya berusaha untuk mendapatkan nilai yang terbaik di
kelas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
20
|
Saya yakin saya akan berhasil dalam belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
21
|
Saya merasa pembelajaran biologi ini sesuai dengan
keinginan saya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
22
|
Setiap hari saya akan selalu berusaha untuk masuk
sekolah kecuali sakit
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
23
|
Belajar biologi dengan model pembelajaran Quantum Teaching melalui kerangka
rancangan TANDUR membuat saya lebih aktif bertanya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
24
|
Saya menjadi semangat belajar jika pendapat saya
mendapat pengakuan dan pujian dari guru dan teman-teman
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
25
|
Saya lebih senag belajar dengan model ceramah karena
guru banyak cerita
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
26
|
Saya akan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru
tepat waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
27
|
Saya merasa puas jika belajar saya bagus
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
28
|
Melalui pembelajaran model Quantum Teaching dengan
kerangka rancangan TANDUR,saya yakin akan berhasil belajar pada materi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
29
|
Belajar biologi melalui pembelajaran Quantum Teaching
dengan belajar di luar kelas membuat saya tertantang untuk mencari data yang
selengkap lengkapnya dari permasalahan
yang ada
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
30
|
Saya dapat mengaitkan pembelajaran biologi ini dengan
hal-hal dalam kehidupan sehari-hari
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
31
|
Saya yakin dapat memahami materi pelajaran ini dengan
mudah melalui model pembelajaran TANDUR
|
|
|
|
|
|
32
|
Saya ingin menjadi juara kelas oleh karena itu saya
berusaha untuk belajar lebih keras
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
33
|
Belajar biolgi dengan model pembelajaran Quantum Teaching melalui kerangka Rancangan TANDUR membuat saya aktif
menjawab pertanyaan dari teman atau guru
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
34
|
Saya merasa bahwa materi ini berguna bagi saya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
35
|
Saya merasa puas dengan hasil tes saya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
(Sumber:
diadaptasi dari Qadriyah,2002:109-111 yang di revis).15

15. Silvester,
2013, Penerapan Pembelajaran Edutainment
Berdasarkan Quantum Teaching
Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa Kelas VIII
SMP Taman Harapan Malang
Pada Materi Sistem Dalam Kehidupan
Tumbuhan ,175
DAFTAR
PUSTAKA
Rahmatsinjai,2013.
Pengertian motivasi dan macam-macam motivasi, (online) (http://blogspot.com/2013/09/8413.html,
diakses tanggal 03-mei 2014 13:40 WIB)
Yanashintya,2014. Pengertian dan devinisi motivasi,
(online) (http://blogspot.com/2014/01/.html,
diakses tanggal 03-Mei 2014 13:40WIB)
Rahmatsinjai,2013.
Pengertian motivasi dan macam-macam motivasi,(Online) (http://blogspot.com/2013/09/8413.html
, diakses tanggal 03 Mei 2014 13:40 WIB)
Kamriantiramli,2011.
macam-macam motivasi,(online) (http://.wordpress.com/2011/05/
27/macam-macam-motivasi/ diakses tanggal 03 Mei 2014 13:40 WIB)
Soemarnosapsuha,2011. Pentingnya Motivasi dalam
Pembelajaran, (online) (http://blogspot.com/2011/04/pentingnya-motivasi-dalam-proses.html
diakses tanggal 03 Mei 2014 13:40 WIB)
Farizahildayani,2013.Pentingnya
Motivasi dalam Pembelajaran (online) (http://farizahildayani.
blogspot. com /2013/05/pentingnya-motivasi-dalam-pembelajaran_16.html
diakses tanggal 03 Mei 2014 13:40 WIB)
Silvester,
2013, Penerapan Pembelajaran Edutainment
Berdasarkan Quantum Teaching
Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa Kelas VIII
SMP Taman Harapan Malang Pada Materi Sistem Dalam Kehidupan Tumbuhan ,175
In this fashion my associate Wesley Virgin's tale starts with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.
BalasHapusYou see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "self mind control" secrets that the government and others used to get whatever they want.
THESE are the same methods lots of famous people (notably those who "come out of nothing") and the greatest business people used to become wealthy and famous.
You've heard that you only use 10% of your brain.
Really, that's because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.
Maybe this thought has even taken place INSIDE OF YOUR own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind 7 years ago, while driving an unregistered, beat-up garbage bucket of a vehicle without a license and $3.20 in his pocket.
"I'm very fed up with living check to check! Why can't I become successful?"
You've been a part of those those conversations, right?
Your very own success story is going to happen. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.
CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S METHOD