RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) SIKLUS I
Sekolah : SMP KRISTEN ALETHEIA
MALANG
Mata Pelajaran : IPA / BIOLOGI
Kelas / Semester : VIIA / II
Alokasi waktu :
2 X 40
Standar Kompetensi 7.
Memahami saling
ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar 7.1
Menentukan ekosistem
dan saling ketergantungan antara komponen ekosistem
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasikan satuan-satuan
dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
2.
Mendeskripsikan rantai makanan
piramida makanan dan jaring-jaring kehidupan
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Menjelaskan pengertian ekosistem
2. Menjelaskan satuan makhluk hidup dalam ekosistem
3. Menyebutkan macam-macam ekosistem
4. Menjelaskan komponen-komponen ekosistem
5. Membedakan organisme autotrof dan organisme heterotrof
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Ekosistem
dan saling hubungan antara komponen ekosistem
C.
Model
dan Metode Pembelajaran
1.
Repetitif
2.
Tanya jawab
3.
Ceramah
4.
Pemberian tugas
PERTEMUAN PERTAMA
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan awal
Engagement
F
Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka
F
Guru melakukan presensi kehadiran siswa
F
Guru menyiapkan kelas supaya kondusif dan siap untuk mengikuti
pembelajaran
F
Guru memberikan apersepsi dengan bertanyaan “kalian berangkat ke
sekolah pakai apa”?
F Guru lanjut bertanya ” apa saja yang
kamu lihat selama perjalanan” ?
F Melanjutkan pertanyaan “apakah kalian membutuhkan semuanya itu?”
PENGETAHUAN PRASYARAT
F
Guru menulis topik yang akan
dipelajari yaitu ekosistem dan saling ketergantungannya
F “Berkaitan
dengan materi ekosistem maka hari ini kita akan membahas
mengenai komponen dan satuan dalam ekosistem” .
|
F Siswa menjawab salam dari guru
F Siswa menjawab presensi guru
F Siswa menyiapkan diri untuk
mengikuti pelajaran
F Menjawab pertanyaan guru dengan
harapan menjawab ”jalan kaki”
F Menjawab pertanyaan guru dengan harapan
menjawab “sawah, pohon, burung dll”
F Siswa menjawab “ya”
F Siswa menulis topik pembelajaran
pada buku catatan
F Mendengarkan penjelasan guru
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
F Guru menyuruh siswa untuk duduk dengan tenang agar bisa mendengarkan
penjelasan dari guru
F Menjelaskan mengenai komponen dan satuan ekosistem
F Guru memberi pertanyaan secara acak pada siswa
F Memberikan LKS pada siswa tentang saling ketergantunan dalam
ekosistem
F Memberikan pembelajaran ulang mengenai ekosistem dan saling
ketergantungannya
F Memberi penguatan berupa konsep-konsep penting
Elaborasi
F Guru membimbing siswa untuk menanggapi atau saling menemukan
kesalahan dari penjelasan yang
disampaikan
F
Guru memberikan pertanyaan untuk merevew kembali pelajaran yang
didapat hari ini.
Guru memberikan kesempatan kepada
untuk bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai materi hari ini tentang
komponen dan satuan ekosistem
F Guru memberikan penegasan dan
memberikan penghargaan / reward berupa pujian.
|
F Siswa mengikuti
perintah guru
F Siswa memperhatikan dengan tekun
dan penuh konsentrasi
F Menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru
F Membaca LKS yang berikan guru dan mengerjakannya
F Mendengarkan penjelasan guru
F Siswa
mencatat penguatan yang diberikan guru
F Siswa menjawab pertanyaan atau
mengungkapkan pendapatnya.
F Siswa memperhatikan guru dengan
tekun dan disiplin
Serta bertanya
|
40 menit
|
3.
|
Kegiatan
Penutup
F Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
F
Guru
menyuruh peserta didik untuk memasukan ide-ide pokok
F
Memberikan tugas kepada siswa untuk meringkas seluruh pengetahuannya tentang komponen ekosistem, peran dan interaksinya yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya
F Guru merefleksi dari kegiatan
|
F Siswa membuat kesimpulan dan
menulis hasil kesimpulan pada buku catatan
F siswa menyampaikan
ide-ide pokoknya
F Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
10 menit
|
PERTEMUAN KEDUA
Langkah-langkah pembelajaran
No
|
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan awal
F
Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka
F
Guru melakukan presensi kehadiran siswa
F
Guru menyiapkan kelas supaya kondusif dan siap untuk mengikuti
pembelajaran
F
Guru melakukan pengalian pengetahuan awal siswa tentang komponen dan satuan ekosistem ”
anak-anak, apakah kalian masih ingat ada berapa komponen
dalam ekosistem
PENGETAHUAN PRASYARAT
F
Guru menulis topik yang akan
dipelajari yaitu ekosistem dan saling ketergantungannya
F “Berkaitan
dengan materi ekosistem maka hari ini kita akan membahas
mengenai komponen ekosistem, peran dan interaksinya
|
F Siswa menjawab salam dari guru
F Siswa menjawab presensi guru
F Siswa menyiapkan diri untuk
mengikuti pelajaran
F Menjawab pertanyaan guru dengan
harapan menjawab ” masih Bu ada dua komponen yaitu
komponen biotik dan abiotik
F Siswa menulis topik pembelajaran
pada buku catatan
F Siswa memperhatikan penjelasan
dari guru
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
F Guru menyuruh siswa untuk duduk dengan tenang agar bisa mendengarkan
penjelasan dari guru
F Menjelaskan mengenai ekosistem
F Guru memberi pertanyaan secara acak pada siswa
F Memberikan LKS pada siswa tentang komponen ekosistem, peran dan interaksi
F Memberikan pembelajaran ulang mengenai komponen ekosistem peran dan
interaksinya
F Memberi penguatan berupa konsep-konsep penting
F Guru membimbing siswa untuk menanggapi atau saling menemukan pendapat
dari penjelasan yang disampaikan
F
Guru memberikan pertanyaan untuk merevew kembali pelajaran yang
didapat hari ini.
F Guru memberikan kesempatan
kepada untuk bertanya atau
mengemukakan pendapat mengenai materi
hari ini tentang komponen ekosistem
F Guru memberikan penegasan dan
memberikan penghargaan / reward berupa pujian.
|
F Siswa mengikuti
perintah guru
F Siswa memperhatikan dengan tekun
dan penuh konsentrasi
F Menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru
F Membaca LKS yang berikan guru dan mengerjakannya
F Mendengarkan penjelasan guru
F Siswa
mencatat penguatan yang diberikan guru
F Siswa menjawab pertanyaan atau
mengungkapkan pendapatnya.
F Siswa memperhatikan guru dengan
tekun dan disiplin Serta bertanya
F Siswa memperhatikan guru dengan
tekun dan disiplin
|
60 menit
|
3.
|
Kegiatan
Penutup
Evaluasi
F
Guru
memberikan evaluasi (test siklus I ) kepada peserta didik
F
Guru merefleksi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
F Siswa mengerjakan tes dengan
tekun dan disiplin.
F Siswa menulis tugas yang
diberikan oleh guru.
|
20 menit
|
6.
Sumber
Pembelajaran
1.
Buku
IPA Terpadu .
2.
LKS
dan soal Quis
3.
Siswa
dan guru.
G. Penilaian.
- Tes tertulis
- penugasan
H. Bentuk Instrumen
-
tes PG
-
tes isian
Mengetahui
|
Malang, 15 April 2013
|
Guru Pamong IPA Biologi
|
Mahasiswa
|
………………………………
|
Hildegardis Missa
|
Nip
|
Npm : 2091000220038
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) SIKLUS II
Sekolah : SMP KRISTEN ALETHEIA
MALANG
Mata Pelajaran : IPA / BIOLOGI
Kelas / Semester : VIIA / II
Alokasi waktu :
2 X 40
Standar Kompetensi 7.
Memahami saling
ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar 7.1
Menentukan ekosistem
dan saling ketergantungan antara komponen ekosistem
INDIKATOR :
1.
Mengidentifikasikan satuan-satuan
dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
2.
Mendeskripsikan rantai makanan
piramida makanan dan jaring-jaring kehidupan
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Menjelaskan saling ketergantungan
antara produsen, konsumen, dan pengurai
2.
Menjelaskan pengertian rantai
makanan, jaring-jaring makanan
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Ekosistem dan saling
hubungan antara komponen ekosistem
C.
Model
dan Metode Pembelajaran
5.
Repetitif
6.
Tanya jawab
7.
Ceramah
8.
Pemberian tugas
PERTEMUAN PERTAMA
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
waktu
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Guru menyuruh siswa untuk duduk dengan tenang agar bisa mendengarkan
penjelasan dari guru
F Menjelaskan mengenai komponen ekosistem peran dan interaksinya
Eksplanansi
F Guru memberi pertanyaan secara acak pada siswa
F Memberikan LKS pada siswa tentang saling ketergantunan dalam
ekosistem
F Memberikan pembelajaran ulang mengenai ekosistem dan saling
ketergantungannya
F Memberi penguatan berupa konsep-konsep penting
Elaborasi
F Guru membimbing siswa untuk menanggapi atau saling menemukan
kesalahan dari penjelasan yang
disampaikan
F
Guru memberikan pertanyaan untuk merevew kembali pelajaran yang
didapat hari ini.
F Guru memberikan kesempatan
kepada untuk bertanya atau
mengemukakan pendapat mengenai materi
hari ini tentang komponen ekosistem, peran dan
interaksinya
F Guru memberikan penegasan dan
memberikan penghargaan/ reward berupa pujian.
Kegiatan
Penutup
Evaluasi
F
Guru membimbing siswa untuk
membuat kesimpulan
F
Guru
menyuruh peserta didik untuk memasukan ide-ide pokok
F
Memberikan tugas kepada siswa untuk meringkas seluruh pengetahuannya tentang komponen ekosistem, peran dan interaksinya yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya
F Guru merefleksi dari kegiatan
|
F Siswa mengikuti
perintah guru
F Siswa memperhatikan dengan tekun
dan penuh konsentrasi
F Menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru
F Membaca LKS yang berikan guru dan mengerjakannya
F Mendengarkan penjelasan guru
F Siswa
mencatat penguatan yang diberikan guru
F Siswa menjawab pertanyaan atau mengungkapkan
pendapatnya.
F Siswa memperhatikan guru dengan
tekun dan disiplin Serta bertanya
F Siswa memperhatikan guru dengan
tekun dan disiplin
F Siswa membuat kesimpulan dan
menulis hasil kesimpulan pada buku catatan
F siswa menyampaikan
ide-ide pokoknya
F Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
40 menit
10 menit
|
PERTEMUAN KEDUA
Langkah-langkah pembelajaran
No
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan
siswa
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan awal
F
Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka
F
Guru melakukan presensi kehadiran siswa
F
Guru menyiapkan kelas supaya kondusif dan siap untuk mengikuti
pembelajaran
F Guru melakukan pengalian
pengetahuan awal siswa tentang komponen ekosistem, peran
dan interaksinya ” anak-anak, apakah kalian masih ingat apa yang dimaksudkan dengan rantai makanan
PENGETAHUAN PRASYARAT
F
Guru menulis topik yang akan
dipelajari yaitu ekosistem dan saling ketergantungannya
F
“Berkaitan dengan materi
ekosistem maka hari ini kita akan membahas mengenai komponen ekosistem, peran
dan interaksinya
|
F Siswa menjawab salam dari guru
F Siswa menjawab presensi guru
F Siswa menyiapkan diri untuk
mengikuti pelajaran
F Menjawab pertanyaan guru dengan
harapan menjawab ” masih Bu rantai makanan adalah
peristiwa makan dan dimakan dalam suatu lingkungan “
F Siswa menulis topik pembelajaran
pada buku catatan
F Siswa memperhatikan penjelasan
dari guru
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
F Guru menyuruh siswa untuk duduk dengan tenang agar bisa mendengarkan
penjelasan dari guru
F Menjelaskan mengenai ekosistem
Eksplanansi
F Guru memberi pertanyaan secara acak pada siswa
F Memberikan LKS pada siswa tentang komponen ekosistem, peran dan
interaksi
F Memberikan pembelajaran ulang mengenai komponen ekosistem peran dan
interaksinya
F Memberi penguatan berupa konsep-konsep penting
Elaborasi
F Guru membimbing siswa untuk menanggapi atau saling menemukan pendapat
dari penjelasan yang disampaikan
F
Guru memberikan pertanyaan untuk merevew kembali pelajaran yang
didapat hari ini.
F Guru memberikan kesempatan
kepada untuk bertanya atau
mengemukakan pendapat mengenai materi
hari ini tentang komponen ekosistem
F
Guru memberikan penegasan dan memberikan penghargaan / reward berupa
pujian.
|
F Siswa mengikuti
perintah guru
F Siswa memperhatikan dengan tekun
dan penuh konsentrasi
F Menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru
F Membaca LKS yang berikan guru dan mengerjakannya
F Mendengarkan penjelasan guru
F Siswa
mencatat penguatan yang diberikan guru
F Siswa menjawab pertanyaan atau
mengungkapkan pendapatnya.
F Siswa memperhatikan guru dengan
tekun dan disiplin Serta bertanya
F Siswa
memperhatikan guru dengan tekun dan disiplin
|
60
menit
|
3.
|
Kegiatan
Penutup
Evaluasi
F
Guru
memberikan evaluasi (test siklus II ) kepada peserta didik
F Guru merefleksi dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
F Siswa mengerjakan tes dengan
tekun dan disiplin.
F Siswa menulis tugas yang
diberikan oleh guru.
|
20
menit
|
Mengetahui
|
Malang, 15 April 2013
|
Guru Pamong IPA Biologi
|
Mahasiswa
|
………………………………
|
Hildegardis Missa
|
Nip
|
Npm : 2091000220038
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar