Sabtu, 24 Mei 2014

RPP EKOSESTEM Biologi kelas VII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) SIKLUS I

Sekolah                    :  SMP KRISTEN ALETHEIA MALANG
Mata Pelajaran       :  IPA / BIOLOGI
Kelas / Semester      :  VIIA / II
Alokasi waktu         :  2 X 40
Standar Kompetensi 7.
Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar 7.1
Menentukan ekosistem dan saling ketergantungan antara komponen ekosistem
INDIKATOR
1.      Mengidentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
2.      Mendeskripsikan rantai makanan piramida makanan dan jaring-jaring kehidupan
A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Menjelaskan pengertian ekosistem
2.      Menjelaskan satuan makhluk hidup dalam ekosistem
3.      Menyebutkan macam-macam ekosistem
4.      Menjelaskan komponen-komponen ekosistem
5.      Membedakan organisme autotrof dan organisme heterotrof
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Ketelitian ( carefulness)
B.     Materi Pembelajaran
Ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
C.     Model dan Metode Pembelajaran
1.    Repetitif
2.    Tanya jawab
3.    Ceramah
4.    Pemberian tugas

PERTEMUAN PERTAMA
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Waktu
1.

Kegiatan awal
Engagement
F Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka
F Guru melakukan presensi kehadiran siswa
F Guru menyiapkan kelas supaya kondusif dan siap untuk mengikuti pembelajaran
F Guru memberikan apersepsi dengan bertanyaan  “kalian berangkat ke sekolah pakai apa”?
F Guru lanjut bertanya ” apa saja yang kamu lihat selama perjalanan” ?

F Melanjutkan pertanyaan “apakah kalian membutuhkan semuanya itu?”
PENGETAHUAN PRASYARAT
F Guru menulis topik  yang akan dipelajari yaitu ekosistem dan saling ketergantungannya
F Berkaitan dengan materi ekosistem maka hari ini kita akan membahas mengenai komponen dan satuan dalam ekosistem” .


F Siswa menjawab salam dari guru
F Siswa menjawab presensi guru
F Siswa menyiapkan diri untuk mengikuti pelajaran

F Menjawab pertanyaan guru dengan harapan menjawab ”jalan kaki”



F  Menjawab pertanyaan guru dengan harapan menjawab “sawah, pohon, burung dll”
F Siswa menjawab “ya”





F Siswa menulis topik pembelajaran pada buku catatan

F Mendengarkan penjelasan guru


10 menit
2.
Kegiatan Inti

F Guru menyuruh siswa untuk duduk dengan tenang agar bisa mendengarkan penjelasan dari guru
F Menjelaskan mengenai komponen dan satuan ekosistem

F Guru memberi pertanyaan secara acak pada siswa
F Memberikan LKS pada siswa tentang saling ketergantunan dalam ekosistem


F Memberikan pembelajaran ulang mengenai ekosistem dan saling ketergantungannya

F Memberi penguatan berupa konsep-konsep penting

Elaborasi
F Guru membimbing siswa untuk menanggapi atau saling menemukan kesalahan dari penjelasan  yang disampaikan  
F Guru memberikan pertanyaan untuk merevew kembali pelajaran yang didapat hari ini.
Guru memberikan kesempatan kepada  untuk bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai materi  hari ini tentang komponen dan satuan ekosistem
F  Guru memberikan penegasan dan memberikan penghargaan / reward berupa pujian.



F Siswa mengikuti perintah guru



F Siswa memperhatikan dengan tekun dan penuh konsentrasi

F Menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru
F Membaca LKS yang berikan guru dan mengerjakannya

F Mendengarkan penjelasan guru



F Siswa mencatat penguatan yang diberikan guru


F Siswa menjawab pertanyaan atau mengungkapkan pendapatnya.

F Siswa memperhatikan guru dengan tekun dan disiplin
Serta bertanya
40 menit
3.
Kegiatan Penutup

F Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan

F Guru menyuruh peserta didik untuk memasukan ide-ide pokok
F Memberikan tugas kepada siswa untuk meringkas seluruh pengetahuannya tentang komponen ekosistem, peran dan interaksinya yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya 
F Guru merefleksi dari kegiatan

F Siswa membuat kesimpulan dan menulis hasil kesimpulan pada buku catatan
F siswa menyampaikan ide-ide pokoknya

F Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan

10 menit

PERTEMUAN KEDUA
Langkah-langkah pembelajaran
No
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Waktu
1.

Kegiatan awal
F Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka
F Guru melakukan presensi kehadiran siswa
F Guru menyiapkan kelas supaya kondusif dan siap untuk mengikuti pembelajaran
F Guru melakukan pengalian pengetahuan awal siswa tentang komponen dan satuan ekosistem  ” anak-anak, apakah kalian masih ingat ada berapa komponen dalam ekosistem


PENGETAHUAN PRASYARAT
F Guru menulis topik  yang akan dipelajari yaitu ekosistem dan saling ketergantungannya
F Berkaitan dengan materi ekosistem maka hari ini kita akan membahas mengenai komponen ekosistem, peran dan interaksinya

F Siswa menjawab salam dari guru
F Siswa menjawab presensi guru

F Siswa menyiapkan diri untuk mengikuti pelajaran

F Menjawab pertanyaan guru dengan harapan menjawab ” masih Bu ada dua komponen yaitu komponen biotik dan abiotik



F Siswa menulis topik pembelajaran pada buku catatan

F Siswa memperhatikan penjelasan dari guru

10 menit
2.
Kegiatan Inti

F Guru menyuruh siswa untuk duduk dengan tenang agar bisa mendengarkan penjelasan dari guru
F Menjelaskan mengenai ekosistem

F Guru memberi pertanyaan secara acak pada siswa


F Memberikan LKS pada siswa tentang komponen ekosistem, peran dan interaksi

F Memberikan pembelajaran ulang mengenai komponen ekosistem peran dan interaksinya

F Memberi penguatan berupa konsep-konsep penting

F Guru membimbing siswa untuk menanggapi atau saling menemukan pendapat dari penjelasan  yang disampaikan  
F Guru memberikan pertanyaan untuk merevew kembali pelajaran yang didapat hari ini.
F Guru memberikan kesempatan kepada  untuk bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai materi  hari ini tentang komponen ekosistem
F Guru memberikan penegasan dan memberikan penghargaan / reward berupa pujian.  


F Siswa mengikuti perintah guru
F Siswa memperhatikan dengan tekun dan penuh konsentrasi
F Menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru
F Membaca LKS yang berikan guru dan mengerjakannya

F Mendengarkan penjelasan guru



F Siswa mencatat penguatan yang diberikan guru


F Siswa menjawab pertanyaan atau mengungkapkan pendapatnya.
F Siswa memperhatikan guru dengan tekun dan disiplin Serta bertanya

F Siswa memperhatikan guru dengan tekun dan disiplin
60 menit
3.
Kegiatan Penutup
Evaluasi
F Guru memberikan evaluasi (test siklus I ) kepada peserta didik
F Guru merefleksi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan


F Siswa mengerjakan tes dengan tekun dan disiplin.  
F Siswa menulis tugas yang diberikan oleh guru.

20 menit

6.      Sumber Pembelajaran
1.      Buku IPA Terpadu .
2.      LKS dan soal Quis
3.      Siswa dan guru.
G.  Penilaian.  
- Tes tertulis
- penugasan
H.   Bentuk Instrumen
       - tes PG
       - tes isian




            Mengetahui
Malang, 15 April 2013
Guru Pamong IPA Biologi
Mahasiswa  
………………………………
 




Hildegardis Missa
Nip
Npm : 2091000220038













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) SIKLUS II

Sekolah                    :  SMP KRISTEN ALETHEIA MALANG
Mata Pelajaran       :  IPA / BIOLOGI
Kelas / Semester      :  VIIA / II
Alokasi waktu         :  2 X 40
Standar Kompetensi 7.
Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar 7.1
Menentukan ekosistem dan saling ketergantungan antara komponen ekosistem
INDIKATOR :
1.      Mengidentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
2.      Mendeskripsikan rantai makanan piramida makanan dan jaring-jaring kehidupan
A.      Tujuan Pembelajaran
1.      Menjelaskan saling ketergantungan antara produsen, konsumen, dan pengurai
2.      Menjelaskan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan
v  Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Ketelitian ( carefulness)
B.       Materi Pembelajaran
Ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
C.       Model dan Metode Pembelajaran
5.    Repetitif
6.    Tanya jawab
7.    Ceramah
8.    Pemberian tugas

PERTEMUAN PERTAMA
D.      Langkah-langkah Pembelajaran

No
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
waktu
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
F Guru menyuruh siswa untuk duduk dengan tenang agar bisa mendengarkan penjelasan dari guru
F Menjelaskan mengenai komponen ekosistem peran dan interaksinya
Eksplanansi
F Guru memberi pertanyaan secara acak pada siswa

F Memberikan LKS pada siswa tentang saling ketergantunan dalam ekosistem


F Memberikan pembelajaran ulang mengenai ekosistem dan saling ketergantungannya
F Memberi penguatan berupa konsep-konsep penting
Elaborasi
F Guru membimbing siswa untuk menanggapi atau saling menemukan kesalahan dari penjelasan  yang disampaikan  

F Guru memberikan pertanyaan untuk merevew kembali pelajaran yang didapat hari ini.
F Guru memberikan kesempatan kepada  untuk bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai materi  hari ini tentang komponen ekosistem, peran dan interaksinya
F Guru memberikan penegasan dan memberikan penghargaan/ reward berupa pujian.
Kegiatan Penutup
Evaluasi
F Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
F Guru menyuruh peserta didik untuk memasukan ide-ide pokok

F Memberikan tugas kepada siswa untuk meringkas seluruh pengetahuannya tentang komponen ekosistem, peran dan interaksinya yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya 
F Guru merefleksi dari kegiatan



F Siswa mengikuti perintah guru



F Siswa memperhatikan dengan tekun dan penuh konsentrasi

F Menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru
F Membaca LKS yang berikan guru dan mengerjakannya

F Mendengarkan penjelasan guru


F Siswa mencatat penguatan yang diberikan guru
F Siswa menjawab pertanyaan atau mengungkapkan pendapatnya.

F Siswa memperhatikan guru dengan tekun dan disiplin Serta bertanya

F Siswa memperhatikan guru dengan tekun dan disiplin








F Siswa membuat kesimpulan dan menulis hasil kesimpulan pada buku catatan


F siswa menyampaikan ide-ide pokoknya
F Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan








40 menit


















































10 menit

PERTEMUAN KEDUA
Langkah-langkah pembelajaran
No
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Waktu
1.
Kegiatan awal
F Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka
F Guru melakukan presensi kehadiran siswa

F Guru menyiapkan kelas supaya kondusif dan siap untuk mengikuti pembelajaran
F Guru melakukan pengalian pengetahuan awal siswa tentang komponen ekosistem, peran dan interaksinya  ” anak-anak, apakah kalian masih ingat apa yang dimaksudkan dengan rantai makanan
PENGETAHUAN PRASYARAT
F Guru menulis topik  yang akan dipelajari yaitu ekosistem dan saling ketergantungannya
F Berkaitan dengan materi ekosistem maka hari ini kita akan membahas mengenai komponen ekosistem, peran dan interaksinya

F Siswa menjawab salam dari guru

F Siswa menjawab presensi guru

F Siswa menyiapkan diri untuk mengikuti pelajaran

F Menjawab pertanyaan guru dengan harapan menjawab ” masih Bu rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan dalam suatu lingkungan “



F Siswa menulis topik pembelajaran pada buku catatan

F Siswa memperhatikan penjelasan dari guru










10 menit

2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi

F Guru menyuruh siswa untuk duduk dengan tenang agar bisa mendengarkan penjelasan dari guru
F Menjelaskan mengenai ekosistem

Eksplanansi  
F Guru memberi pertanyaan secara acak pada siswa


F Memberikan LKS pada siswa tentang komponen ekosistem, peran dan interaksi

F Memberikan pembelajaran ulang mengenai komponen ekosistem peran dan interaksinya

F Memberi penguatan berupa konsep-konsep penting

Elaborasi
F Guru membimbing siswa untuk menanggapi atau saling menemukan pendapat dari penjelasan  yang disampaikan  

F Guru memberikan pertanyaan untuk merevew kembali pelajaran yang didapat hari ini.
F Guru memberikan kesempatan kepada  untuk bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai materi  hari ini tentang komponen ekosistem
F  Guru memberikan penegasan dan memberikan penghargaan / reward berupa pujian.  


F Siswa mengikuti perintah guru



F Siswa memperhatikan dengan tekun dan penuh konsentrasi

F Menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru
F Membaca LKS yang berikan guru dan mengerjakannya



F Mendengarkan penjelasan guru



F Siswa mencatat penguatan yang diberikan guru



F Siswa menjawab pertanyaan atau mengungkapkan pendapatnya.
F Siswa memperhatikan guru dengan tekun dan disiplin Serta bertanya



F Siswa memperhatikan guru dengan tekun dan disiplin








60 menit
3.
Kegiatan Penutup
Evaluasi
F Guru memberikan evaluasi (test siklus II ) kepada peserta didik

F  Guru merefleksi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan


F Siswa mengerjakan tes dengan tekun dan disiplin. 
F Siswa menulis tugas yang diberikan oleh guru.



20 menit

            Mengetahui
Malang, 15 April 2013
Guru Pamong IPA Biologi
Mahasiswa  
………………………………
 



Hildegardis Missa
Nip
Npm : 2091000220038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar