Sabtu, 24 Mei 2014

MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN



MOTIVASI DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

A.    PENGERTIAN MOTIVASI
Motivasi adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.1
Beberapa pengertian motivasi berdasarkan para ahli:
1.      Motivasi adalah suatu perubahan energy dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan  tibulnya peasaan dan reaksi untuk mencapai yujuan. (Mr. Donald:1950)
2.      Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif  menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memmenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan. (Drs. Moh. User Usman : 2000)
3.      Motivasi adalah kekuatan tersembunyi di dalam diri kita yang mendorong kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas (Davies, Ivor K : 1986)
4.      Motivasi adalah usaha-usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi sehingga anak itu mau melakukan sesuatu (Prof. Drs. Nasution : 1995)
5.      Robbins dan Judge (2007) mendefinisikan motivasi sebagai proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan usaha untuk mencapai sesuatu tujuan. Samsudin (2005) memberikan pengertian bahwa yang dimaksud dengan motivasi sebagai proses mempengaruhi atau mendorong dari luar terhadap seseorang atau kelompok kerja agar mereka mau melaksanakan sesuau yang ditetapkan.



 
1.  Rahmatsinjai, Pengertian motivasi dan macam-macam motivasi, (http:// rahmatsinjai.blogspot.  com/2013/09/pengertian-moyivasi-dan-macam-macam_8413.html , diakses tgl 03-mei 2014 13:40WIB)


6.      Motivasi juga dapat diartikan sebagai dorongan (driving force) dimaksudkan sebagai desakan yang alami untuk memuaskan dan memperlahankan kehidupan. Mangkunegara (2005.61) menyatakan : “motivasi terbentuk dari sikap (attitude) karyawan dalam menghadapi situasi kerja di perusahaan (situation). Motivasi merupakan  kondisi atau energy yang menggerakan diri karyawan yang terarah atau tertuju untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan. Sikap mental karyawan yang  pro dan positif terhadap situasi kerja itulah yang memperkuat motivasi kerjanya untuk mencapai kinerja maksimal”.2

Sujono Trimo memberikan pengertian motivasi adalah suatu kekuatan penggerak dalam perilaku individu dalam perilaku individu baik yang akan menentukan arah maupun daya ahan (perintence) tiap perilaku manusia yang didalamnya terkandung pula unsur-unsur emosional insane yang bersangkutan.3
Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan.
Berdasarkan beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi dapat dipandang sebagai fungsi, berarti motivasi berfungsi sebagai daya enggerak dari dalam individu untuk melakukan aktivitastertentu dalam mencapai tujuan. Motivasi dipandang dari segi proses, bererti motivasi dapat dirangsang oleh factor luar, untuk menimbulkan motivasi dalam diri siswa yang melalui proses rangsangan belajar sehingga dapat mencapai tujuan yang dikehendaki. Motivasi  dipandang dari segitujuan, berarti motivasi merupakan sasaran stimulus yang akan dicapai. Jika seseorang mempunyai keinginan untuk belajar suatu hal, maka dia akan termotivasi untuk mencapainya.4
 

2.  Yanashintya, Pengertian dan devinisi motivasi http://yanashintya.blogspot.com /2014/01/ pengertianmotivasi-dari-beberapa-tokoh.html diakses tgl 03-mei 2014 13:40WIB)
3.  Ibid
4.  Ibid

Berdasrkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alas an yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang. Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang serig kali disamakan dengan semangat, seperti contoh dalam percakapan “saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi”. Statemen ini bias diartikan orang tua tersebut mengiinginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi dalam masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi samadengan semangat.5

B.     MACAM-MACAM MOTIVASI
Para ahli psikologi mengklasifikasikan motivasi beberapa bagian dari beberapa titik pendangan yang berbeda, Menurut Sardiman (2001),
1.      Pembagian motivasi berdasarkan atas terbentuknya motif-motif yaitu:
a.       Motif-motif bawaan yaitu motif yang dibawah sejak lahir, jadi ada tanpa dipelajari seperti dorongan untuk makan minum dan bergerak dan seterusnya.
b.      Motif-motif yang dipelajari yaitu motif yang timbul karena dipelajari seperti dorongan menggunakan atau memilih media dan semua hal yang perlu dipelajari. Motif-motif ini sering disebut dengan motif yang disyaratkan secara social. Sebab manusia yang lain sehingga motivasi terbentuk



 
5.  Yanashintya, Pengertian dan devinisi motivasi http://yanashintya.blogspot.com /2014/01/ pengertianmotivasi-dari-beberapa-tokoh.html diakses tgl 03-mei 2014 13:40WIB)



2.      Pembagian motivasi berdasarkan jalaran motif yaitu:
a.       Motivasi InstrinsikMotivasi yang timbul sebagai akibat dari dalam diriindividu sendiri tanpa ada paksaan dan dorongan dari orang lain,tetapi atas kemauan sendiri misalnya seseorang yang membacatidak perlu da yang mendorongnya ia telah mencari sendiri bukuuntuk dibacanya.
b.      Motivasi EkstrinsikIalah motivasi yang berfungsi karena adanya pengaruhatau rangsangan dari luar. Jenis motivasi ini timbul akibatpengaruh dari luar individu apakah karena ajakan, suruhan ataupaksaan dari orang lain sehingga dengan kondisi demikian, iamau melakukan sesuatu misalnya, seorang anak mau belajarkarena ia mau mendapat peringkat pertama dikelasnya.
3.      Pembagian motivasi berdasarkan isi atau persangkutpautnya itudigolongkan menjadi:
a.       Motivasi jasmaniah yang termasuk jenis motivasi ini misalnyarefleks yaitu nafsu
b.      Motivasi rohaniah yaitu berupa kemauan yang terbentuk dari momen- Momen timbulnya alasan- Momen pilih- Momen putusan- Momen terbentuknya kemauan. 6
Menurut Anonim (2010), motivasi dibedakan atas 3 macam berdasarkan sifatnya:
1.      Motivasi takut atau fear motivation, yaitu individu melakukan suatu perbuatan dikarenakan adanya rasa takut. Dalam hal ini seseorang melakukan sesuatu perbuatan dikarenakan adanya rasa takut, misalnya takut karena ancaman dari luar, takut Aku mendapatkan hukuman dan sebagainya.
2.      Motivasi insentif atau incentive motivation, yaitu individu melakukan sesuatu perbuatan untuk mendapatkan sesuatu insentif, bentuk insentif bermacam-macam seperti mendapatkan honorarium, bonus, hadiah, penghargaan dan lain-lain
 

6.  Rahmatsinjai, Pengertian motivasi dan macam-macam motivasi, (http:/ /rahmatsinjai. blogspot.com/2013/09/pengertian-moyivasi-dan-macam-macam_8413.html , diakses tgl 03-mei 2014 13:40WIB)
3.      Motivasi sikap atau attitude motivation/self motivation sikap merupakan suatu motivasi karena menunjukkan ketertarikan atau ketidaktertarikan seseorang terhadap suatu objek, motivasi ini lebih bersifat intrinsic, muncul dari dalam individu, berbeda dengan kedua motivasi sebelumnya yang lebih bersifat ekstrintik yang datang dari luar diri individu. 7
Menurut Muhibbin Syah dalam Anonim (2010), berpendapat dalam buku psikologi pendidikan dengan pendekatan baru, bahwa motivasi dapat dibedakan 2 macam:
1.      Motivasi Intrinsik. Hal atau keadaan yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang dapat mendorongnya melakukan tindakan belajar.
2.      Motivasi Ekstrinsik. Hal dan keadaan yang datang dari luar individu. 8
Menurut Chaplin, ada dua motivasi:
1.      Physiological drive. yaitu dorongan yang bersifat fisik, seprti rasa lapar, haus, seks, dan sebagainya.
2.      Social motives yaitu dorongan yang berhubungan dengan orang lain, seperti dorongan ingin selalu berbuat baik.9
Menurut Woodworth dan Marquis, ada 3 motivasi:
1.      Kebutuhan organis, yaitu motivasi yang berkaitan dengan kebutuhan dalam diri, seperti makan, minum, kebutuhan bergerak dan istirahat tidur dan sebagainya.
2.      Motivasi darurat, yaitu motivasi yang mencakup dorongan untuk menyelamatkan diri, dorongan untuk membalas, dorongan untuk berusaha, dan sebagainya. Motivasi ini timbul jika situasi menuntut atau terdesak dalam kegiatan yang cepat dan kuat dari diri manusia. Dalam kondisi ini motivasi timbul bukan atas keinginan seseorang, tetapi karena adanya perangsangan dari luar dengan terdesak.
 

7.  Kamriantiramli, macam-macam motivasi,   (http://kamriantiramli.wordpress.com /2011 /05/ 27/macam-macam-motivasi/ diakses tgl 03-mei 2014 13:40WIB)
8.  Ibid
9.  Ibid

3.      Motivasi Objektif, yaitu motivasi yang diarahkan kepada objek atau tujuan tertentu disekitar kita, motif ini mencakup; kebutuhan untuk eksplorasi, manipulasi, menaruh minat. Motivasi ini timbul karena dorongan untuk menghadapi dunia secara efektif.10

C.    PENTINGNYA MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN DAN PEMBELAJARAN
Apa pentingnya motivasi dalam belajar tentu saja sangat penting, diawal sudah dijelaskan bahwa motivasi adalah tenaga yang menggerakan dan mengarahkan aktivitas seseorang, artinya tanpa motivasi seorang siswa akan belajar dan sekolah dan akhirnya tentu saja tidak akan mencapai suatu keberhasilan dalam belajar.
Motivasi belajar penting bagi siswa dan guru. Bagi siswa pentingnya motivasi belajar adalah sebagai berikut:
1.      Menyadarkan kedudukan pada awal belajar, proses dan hasil akhir
2.      Menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar, yang dibandingkan dengan teman sebaya
3.      Mengarahkan kegiatan belajar
4.      Membesarkan semangat belajar
5.      Menyadarkan tentang adanya perjalanan belajar dan kemudian bekerja (disela-sela adalah istirahat atau bermain) yang berkesinambungan. 11
Motivasi belajar juga penting diketahui oleh seorang guru. Pengetahuan dan pemahaman tentang motivasi belajar pada siswa bermanfaat bagi guru, manfaat itu sebagai berikut:
1.      Membangkitkan, meningkatkan dan memelihara semangat siswa untuk belajar sampai berhasil;
2.      Mengetahui dan memahami motivasi belajar siswa di kelas bermacam-macam;
 

10.                   Ibid
11.                   Soemarnosapsuha,Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran (http:// soemarnosapsuha. blogspot.com /2011/04/pentingnya-motivasi-dalam-proses.html diakses tgl 03-mei 2014 13:40WIB)

3.      Meningkatkan dan menyadarkan guru untuk memiliki satu diantara bermacam-macam peran seperti sebagai penasihat, fasilitator, instruktur teman diskusi, penyemangat, pemberi hadiah, atau pendidik;
4.      Memberi peluang guru untuk kerja rekayasa pedagogis. 12
Guru sebagai pendidik bertugas memperkuat motivasi belajar selama minimum 9 tahun. Pada usia wajib belajar. Orang tua bertugas memperkuat motivasi belajar sepanjang hayat. Dalam belajar terdapat unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar.
1.      Unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar didalam kehidupan sehari-hari motivasi banyak dipelajari, termasuk motivasi dalam belajar. Oleh karena itu motivasi belajar dapat timbul tenggelam atau berubah, disebabkan beberapa unsur yang mempengaruhinya. Beberapa unsur yang mempengaruhi motivasi belajar adalah sebagai berikut: 
a.       Cita-cita atau aspirasi. Cita-cita disebut juga aspirasi adalah suatu target yang ingin dicapai. Penentuan target ini tidak sama bagi semua siswa.
b.      Kemampuan belajar. Dalam belajar dibutuhkan berbagai kemampuan, kemampuan ini meliputi beberapa aspek psikis yang terdapat dalam diri siswa misalnya pengamatan dan perhatian.
c.       Kondisi siswa yang mempengaruhi motivasi belajar berkaitan dengan kondisi fisik, dan kondisi psikologis.
d.      Kondisi lingkungan merupakan unsur-unsur dari luar diri siswa yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
e.       Unsur-unsur dinamis dalam belajar adalah unsur-unsur yang keberadaannya dalam proses belajar tidak stabil, kadang-kadang kuat, kadang-kadang lemah dan bahkan hilang sama sekali khususnya kondisi-kondisi yang sifatnya kondisional.13
 

12.                   Ibid
13.                  Farizahildayani , Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran (http://farizahildayani. blogspot. com /2013/05/pentingnya-motivasi-dalam-pembelajaran_16.html)

2.      Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar
Ada beberapa upaya meningkatkan motivasi belajar sebagai berikut:
a.       Optimalisasi penerapan prinsip belajar
Perilaku belajar di sekolah telah menjadi pola umum. Sejak usia enam tahun, siswa masuk sekolah selama lima-enam jam sehari. Sekurang-kurangnya tiap siswa mengalami belajar di sekolah selama sembilan tahun.
b.      Optimalisasi unsur dinamis belajar dan pembelajaran
Seorang siswa akan belajar dengan seutuh pribadinya perasaan, kemauan, pikiran, perhatian, fantasi dan kemampuan yang lain tertuju pada belajar. Meskipun demikian ketertujuan tersebut tidak selamanya berjalan lancar. Ketidaksejajaran tersebut disebabkan oleh kelainan jasmani atau mentalnya, ataupun naik turunnya energi jiwa.
c.       Optimalisasi pemanfaatan pengalaman dan kemampuan siswa
Perilaku belajar siswa merupakan rangkaian tindak-tindak belajar setiap hari. Perilaku belajar setiap hari bertolak dari jadwal pelajaran sekolah. Untuk menghadapi hari pertama masuk sekolah guru telah membuat rancangan pengajaran. Sedangkan siswa telah terbiasa dengan membaca buku pelajaran. Siswa telah mengalami belajar yang berhasil atau belajar yang gagal sebelumnya. Siswa menghayati pahitnya kegagalan belajar, dan manisnya keberhasilan belajar. Oleh karena itu rancangan pengajaran satu tahun ajaran selalu diharapkan oleh seluruh siswa. 14

D.    PENERAPAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI
Motivasi belajar Biologi siswa dapat diterapkan menggunakan angket yang memuat perhatian(attention), keterkaitan(relevance), keyakinan(confidence),dan kepuasan(satisfaction).
 

14.                   Farizahildayani , Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran (http://farizahildayani. blogspot. com /2013/05/pentingnya-motivasi-dalam-pembelajaran_16.html)

Angket Motivasi Belajar Biologi Menggunakan pembelajaran dengan Kerangka Rancangan TANDUR:
I.       Petunjuk
a.       Identitas
·         Nama             :
·         No absen        :
b.      Berilah jawaban yang sejujur-jujurnya dan sesuai dengan apa adanya.
Instrumen terdiri dari kolom pertanyaan dan jawaban. Silakan beri jawaban dengan memberi tanda (X) tepat pada salah satu angka yang sesuai dengan keadaan kamu
1.      Ada 5 (lima) angka yang masing-masing mempunyai makna sebagai berikut:12
5
Pertanyaan Benar-Benar (BB)
menggambarkan keadaanmu dalam pembelajaran biologi yang kamu merasa memang sangat benar.
4
Pernyataan Cukup Benar (CB)
menggambarkan keadaan siswa dalam pembelajaran biologi
3
Pernyataan Tidak Terlalu Benar (TTB)
menggambarkan keadaan siswa  Dalam pembelajaran biologi tetapi juga tidak terlalu salah atau biasa biasa saja bagi siswa atau netral saja
2
pernyataan Hampir Tidak Benar (HTB)
menggambarkan keadaan siswa dalam pembelajaran biologi,tetapi belum sama sekali salah
1
pernyataan Sama Sekali Tidak Benar (SSTB)
menggambarkan keadaan siswa dalam pembelajaran biologi

Contoh pernyataan “ Saya sangat senang jika belajar bersama dengan teman-teman saya”

SSTB
HTB
TTB
CB
BB
v  Kalau pernyataan itu Benar-Benar,silanglah 5





v  Kalau pernyataan itu Cukup Benar,silanglah 4





v  Kalau pernyataan itu Tidak Terlalu Benar,silanglah 3





v  Kalau pernyataan itu Hampir Tidak Benar,silanglah 2





v  Kalau pernyataan itu Sama Sekali Tidak Benar, silanglah 1






II.    Kuesioner
No
 Pernyataan
Jawaban

SSTB
HTB
TTB
CB
BB
1.
Saya senang belajar biologi melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan kerangka rancangan TANDUR
1
2
3
4
5
2.
Belajar biologi melalui pembelajaran Quantum Teaching dengan kerangka rancangan TANDUR,saya lebih mudah memahami konsep-konsep dalam biologi
1
2
3
4
5
3.
Belajar sambil bermain membuat konsentrasi saya berkurang dan tidak focus
1
2
3
4
5
4
Belajar dengan berbagai macam interaksi membuat saya lelah dan tidak konsentrasi
1
2
3
4
5
5
Semenjak belajar dengan model TANDUR ,saya merasa puas setiap mengikuti pelajaran dikelas
1
2
3
4
5
6
Saya tambah bingung memahami konsep-konsep dalam biologi dengan model pembelajaran Quantum Teaching melalui kerangka rancangan TANDUR ini
1
2
3
4
5
7
Belajar diluar kelas merupakan belajar yang saya senag
1
2
3
4
5
8
Saya lebih senang belajar di dalam kelas karena tidak panas dan tinggal duduk manis mendengarkan guru menerangkan materi
1
2
3
4
5
9
Saya lebih senag belajar biologi jika tidak menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching dengan kerangka rancangan TANDUR
1
2
3
4
5
10
Saya merasa bahwa banyak yang belum saya tahu dalam pembelajaran biologi dan terus berusaha untuk mengetahuinya
1
2
3
4
5
11
Saya lebih puas setiap mengikuti pelajaran dengan model ceramah karena saya lebih faham terhadap materi yang diajarkan
1
2
3
4
5
12
Belajar biologi melalui Quantum Teaching dengan kerangka Rancangan TANDUR memudahkan saya dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan
1
2
3
4
5


13
Saya akan membantu teman saya jika tidak ada materi yang tidak dipahami
1
2
3
4
5
14
Tugas yang diberikan oleh guru akan saya kerjakan yang mudah saja





15
Untuk meraih keinginan saya, saya akan menacri buku-buku lain,selain yang diberikan oleh guru dan akan membaca dan mempelajarinya.
1
2
3
4
5
16
Saya berharap mudah-mudahan melalui model pembelajaran TANDUR apa yang saya inginkan dapat tercapai
1
2
3
4
5
17
Bila diberikan tugas oleh guru saya selalu berusaha untuk mengerjakanya tepat waktu
1
2
3
4
5
18
Melalui pembelajaran model TANDUR ini saya yakin dapat menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru
1
2
3
4
5
19
Saya berusaha untuk mendapatkan nilai yang terbaik di kelas
1
2
3
4
5
20
Saya yakin saya akan berhasil dalam belajar
1
2
3
4
5
21
Saya merasa pembelajaran biologi ini sesuai dengan keinginan saya
1
2
3
4
5
22
Setiap hari saya akan selalu berusaha untuk masuk sekolah kecuali sakit
1
2
3
4
5
23
Belajar biologi dengan model pembelajaran Quantum Teaching melalui kerangka rancangan TANDUR membuat saya lebih aktif bertanya
1
2
3
4
5
24
Saya menjadi semangat belajar jika pendapat saya mendapat pengakuan dan pujian dari guru dan teman-teman
1
2
3
4
5
25
Saya lebih senag belajar dengan model ceramah karena guru banyak cerita
1
2
3
4
5
26
Saya akan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru tepat waktu
1
2
3
4
5
27
Saya merasa puas jika belajar saya bagus
1
2
3
4
5
28
Melalui pembelajaran model Quantum Teaching dengan kerangka rancangan TANDUR,saya yakin akan berhasil belajar pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
1
2
3
4
5
29
Belajar biologi melalui pembelajaran Quantum Teaching dengan belajar di luar kelas membuat saya tertantang untuk mencari data yang selengkap  lengkapnya dari permasalahan yang ada
1
2
3
4
5
30
Saya dapat mengaitkan pembelajaran biologi ini dengan hal-hal dalam kehidupan sehari-hari
1
2
3
4
5
31
Saya yakin dapat memahami materi pelajaran ini dengan mudah melalui model pembelajaran TANDUR





32
Saya ingin menjadi juara kelas oleh karena itu saya berusaha untuk belajar lebih keras
1
2
3
4
5


33
Belajar biolgi dengan model pembelajaran Quantum Teaching melalui kerangka Rancangan TANDUR membuat saya aktif menjawab pertanyaan dari teman atau guru
1
2
3
4
5
34
Saya merasa bahwa materi ini berguna bagi saya
1
2
3
4
5
35
Saya merasa puas dengan hasil tes saya
1
2
3
4
5

(Sumber: diadaptasi dari Qadriyah,2002:109-111 yang di revis).15
 

15.   Silvester, 2013, Penerapan Pembelajaran Edutainment Berdasarkan Quantum  Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil  Belajar    Siswa Kelas  VIII  SMP  Taman Harapan Malang Pada  Materi Sistem Dalam Kehidupan Tumbuhan ,175




DAFTAR PUSTAKA

Rahmatsinjai,2013. Pengertian motivasi dan macam-macam motivasi, (online) (http://blogspot.com/2013/09/8413.html, diakses tanggal 03-mei 2014 13:40 WIB)
Yanashintya,2014. Pengertian dan devinisi motivasi, (online) (http://blogspot.com/2014/01/.html, diakses tanggal 03-Mei 2014 13:40WIB)
Rahmatsinjai,2013. Pengertian motivasi dan macam-macam motivasi,(Online) (http://blogspot.com/2013/09/8413.html , diakses tanggal 03 Mei 2014 13:40 WIB)
Kamriantiramli,2011. macam-macam motivasi,(online) (http://.wordpress.com/2011/05/ 27/macam-macam-motivasi/ diakses tanggal 03 Mei 2014 13:40 WIB)
Soemarnosapsuha,2011. Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran, (online) (http://blogspot.com/2011/04/pentingnya-motivasi-dalam-proses.html diakses tanggal 03 Mei 2014 13:40 WIB)
Farizahildayani,2013.Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran (online) (http://farizahildayani. blogspot. com /2013/05/pentingnya-motivasi-dalam-pembelajaran_16.html diakses tanggal 03 Mei 2014 13:40 WIB)
Silvester, 2013, Penerapan Pembelajaran Edutainment Berdasarkan Quantum  Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil  Belajar    Siswa Kelas  VIII  SMP  Taman Harapan Malang Pada  Materi Sistem Dalam Kehidupan Tumbuhan ,175

1 komentar:

  1. In this fashion my associate Wesley Virgin's tale starts with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "self mind control" secrets that the government and others used to get whatever they want.

    THESE are the same methods lots of famous people (notably those who "come out of nothing") and the greatest business people used to become wealthy and famous.

    You've heard that you only use 10% of your brain.

    Really, that's because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Maybe this thought has even taken place INSIDE OF YOUR own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind 7 years ago, while driving an unregistered, beat-up garbage bucket of a vehicle without a license and $3.20 in his pocket.

    "I'm very fed up with living check to check! Why can't I become successful?"

    You've been a part of those those conversations, right?

    Your very own success story is going to happen. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S METHOD

    BalasHapus